Kenapa Memilih Baja Untuk Konstruksi Bangunan?

Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan ketika akan mendirikan sebuah bangunan, baik berupa rumah atau gedung dan sebagainya. Dalam proses pembuatan ini, pasti tak lepas dari satu dua proses seperti perencanaan dan perancangan konstruksi bangunan. Setidaknya akan ada bahan pilihan yang dijadikan sebagai dasar bangunan.

Sebagian besar mengatakan bahwa penggunaan bahan baja untuk konstruksi akan lebih bagus. Hal ini dikarenakan sudah banyak bangunan yang memang menggunakan bahan baku baja. Selain proses yang mudah, baja juga tidak rumit dalam segi perawatan.

Berikut ini adalah beberapa poin yang bisa dipertimbangkan untuk menentukan pilihan bahan bangunan menggunakan baja, di antaranya :

Harga
Ini merupakan poin yang paling utama diperhatikan ketika merencanakan pembuatan suatu bangunan. Beberapa berpendapat jika barang yang dipilih akan menentukan kualitas dan ketahanan dari suatu bangunan. Tak jarang karena masalah harga jadi berpikir ulang untuk menentukan pilihan bahan apa yang paling pas. Tapi, bahan baja akan lebih tepat untuk dipilih sekalipun harganya bisa saja tak sesuai perkiraan. Akan tetapi, keuntungannya adalah biaya perawatan akan lebih minim dan bisa mengurangi pengeluaran dan dialokasikan pada keperluan lain.

Kualitas Baja Lebih Stabil
Baja terbuat dari bahan yang kuat dan diproses menggunakan teknologi tinggi. Tidak perlu meragukan kualitasnya karena baja memiliki standar mutu. Walaupun sudah bertahun-tahun, kualitas baja cenderung stabil dan juga tahan lebih lama.

Mudah Dibangun dan Dibentuk
Ketika ingin mendirikan bangunan, penggunaan baja akan menguntungkan karena kemudahan dalam instalasi sambungan dan juga kemudahan untuk dibentuk. Hal ini akan membuat waktu yang digunakan menjadi lebih singkat dan proses pun menjadi cepat.

Kuat Menahan Beban
Bahan baja memiliki kekuatan untuk menahan berat atau beban yang besar (banyak). Ketika bahan baja menahan terlalu banyak beban, maka akan ada tanda seperti misalnya pembengkokan pada baja ringan yang memungkinkan untuk segera mengambil tindakan pencegahan terjadinya kerusakan lebih. Kemampuan bahan baja ini disebut dengan daktilitas atau kemampuan suatu material untuk merenggang hingga akhirnya putus.

Tampilan Modern dan Mewah
Menggunakan baja sebagai bahan bangunan tidak hanya mendapatkan sifat awet, kokoh, dan kuatnya bahan tersebut. Akan tetapi, bangunan dengan bahan ini juga memiliki kesan mewah dan indah Ketika dipadukan dengan bahan lain.

 

Poin-poin yang sudah disebutkan di atas merupakan nilai plus dalam memilih baja sebagai bahan konstruksi bangunan. Memiliki sifat kuat, awet dan kokoh menjadikannya sulit untuk roboh. Oleh karena itu, menggunakannya pada daerah yang rawan bencana merupakan pilihan yang baik.


Salam Baja Indonesia,

Rekan Bisnis Anda,
Krakatau Niaga Indonesia


Sign up to Newsletter